Bagaimana Cara Membuat Kompos sederhana

Cara Membuat Kompos sederhana - Kompos memiliki banyak sekali manfaat baik dari aspek ekonomi, lingkungan, maupun bagi tanaman atau tanahnya itu sendiri.

Bagi tanah, kompos dapat melakukan perbaikan susunan tanah dengan cara menambah kandungan bahan organik tanah serta dapat menambah kekuatan tanah untuk menjaga kandungan air tanah.

Karena kompos memiliki aspek ekonomi, sudah pasti banyak yang menjadikan kompos ini sebagai bisnis, baik dari komposnya itu sendiri atau alat/mesin pembuat komposnya.

Malahan saya banyak menemukan web yang menjual mesin kompos dari yang mulai sederhana hingga rumit.

Mesin kompos dipakai untuk membuat kompos dari bahan dedauanan kering ataupun basah. Sebenarnya prinsip kerja untuk membuat kompos ini cukup sederhana, yaitu dengan memotong beberapa bahan menjadi lebih kecil atau halus sesuai dengan ukuran yang disesuaikan.

Bagaimana Cara Membuat Kompos sederhana
Dengan perlakuan pengecilan ukuran melalui pemotongan bahan ini dapat memperluas ukuran permukaan hingga bisa mempercepat reaksi pembentukan pupuk kompos.

Beberapa bahan yang dapat dihancurkan dengan menggunakan mesin kompos ini diantaranya jerami, rumput, rumput gajah, kompos organik, ranting, kotoran ternak, serta bahan organik yang lain.

Sebenarnya cara membuat kompos bisa dimulai dari rumah tangga dan dapat dibuat secara sederhana. Salah satu cara yang paling mudah diantaranya sebagai berikut.

Anda dapat dengan cara mengubur sampah organik dalam tanah yang dalamnya 1/2 meter hingga 1 meteran. Namun pastikan lubang yang dibikin harus memiliki jarak minimal 10 meter dari sumur. Hal ini untuk menghindari tercemarnya sumur.

Tutup kembali lubang tersebut. Dan sesudah tiga bulan, lubang yang digunakan untuk mengubur sampah organik bisa digali. Hasil galian bisa dipakai sebagai kompos, dan lubangnya bisa dipakai untuk bikin kompos kembali.

Demikian sekilas share mengenai cara membuat kompos sederhana yang bisa anda lakukan sendiri dengan mudah di rumah. Selamat mencoba!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bagaimana Cara Membuat Kompos sederhana

0 comments:

Posting Komentar