Kamis, 09 Mei 2013

Cara bertaubat dari dosa besar

Iklan

Cara bertaubat dari dosa besar penting diketahui bagi Anda yang telah bermaksiat dan ingin melakukan pertobatan dari dosa besar yang telah dilakukan.

Cepatlah bertaubat dengan sebenar-benar taubat, menyerahkan seluruhnya pada allah, serta Anda harus memutuskan hubungan dengan penyebab dosa besar itu.

Firman Allah: ''Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya.'' (QS. Attahrim (66): 8); ''Maka mengapa mereka tidak bertaubat kepada Allah dan memohon ampun kepada-Nya? dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.'' (QS. Almaidah (5): 74).

Anda harus menyesali seluruh yang sudah dikerjakannya dihadapan rabb-nya, dengan penuh tawadlu’, merendahkan diri, serta menyerahkan seluruhnya kepada-nya. Anda wajib bertekad tidak akan melakukannya lagi perbuatan dosa besar yang sudah pernah dilakukan.

Semoga dengan demikian, Allah Azza wa Jalla sudi terima taubat Anda, mengampuni dosa-dosa yang dulu dikerjakannya, serta menggantinya dengan kebaikan-kebaikan.

Allah ta’ala berfirman:

وَالَّذِينَ لاَيَدْعُونَ مَعَ اللهِ إِلَهًا ءَاخَرَ وَلاَيَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللهُ إِلاَّ بِالْحَقِّ وَلاَيَزْنُونَ وَمَن يَّفْعَلْ ذَلِكَ يَلقَ أَثَامًا {68} يُضَاعَفُ لَهُ الْعَذَابُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَخْلُدْ فِيهِ مُهَانًا {69} إِلاَّ مَنْ تَابَ وَءَامَنَ وَعَمِلَ عَمَلاً صَالِحًا فَأُوْلَئِكَ يُبَدِّلُ اللهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَّحِيمًا {70}

”Dan orang-orang yang tidak menyembah Ilah yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya), (yakni) akan dilipat gandakan adzab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina, Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Furqon: 68-70)

Artikel Terkait Motivasi ,Pendidikan

0 comments:

Poskan Komentar