Blog najla alliya, blog pribadi tempat sharing-sharing everything

Apabila Sholat Mendahului Waktu Sholat

Bagaimanakah hukumnya apabila kita sholat tap medahului waktu sholat, ya? Pertanyaan ini muncul begitu saja setelah ada rasa takut di hati akan hukuman Allah SWT. Seribu satu pertanyaan dalam otak pun menyeruak, apakah sholatnya batal ataukah tidak? Apakah mesti mengulangi sholat lagi ataukah tidak perlu, ya?

Yup, postingan ini muncul sekalian post di blog lain, sekalian lagi saja saya post rasa gusar di blog ini. Sambil googling-googling gitu!

Saya coba mengetikkan kata kunci "apabila sholat mendahului waktu sholat", namun pada halaman pertama hasil pencarian nampaknya belum ada yang sesuai dengan maksud saya.

Oke saya ceritakan dulu ya duduk persoalannya, cieee...! Begini, setelah sholat maghrib saya nonton TV dengan tujuan menunggu sholat Isa. Nah pas lihat jam, sudah menunjukkan pukul 7 malam, lalu tanpa pikir panjang saya ambil wudlu. Kemudian melaksanakan sholat Isa.

Apabila Sholat Mendahului Waktu Sholat
Begitu sholat Isa selesai, saya langsung menuju komputer, dan browsing-browsing sambil facebookan alakadarnya. Nah, pada saat memijit-mijit keyboard, barulah terdengar adzan.

"Nah lho! ternyata baru tiba waktu shalat Isa, bagaimana ini?", pikirku dalam hati. Ya sudahlah sambil degdegan takut dosa, lalu saya search dengan kata kunci "apabila sholat mendahului waktu sholat".

Tapi saya tertegun setelah sedikit membaca postingan di sebuah blog di sini mengenai patokan kita dalam wktu sholat bukanlah jam. Yang membuat lebih tertegun lagi adalah pada tulisa berikut, "Di dalam Bulughul Maram Ibnu Hajar Asqolani mendahului bab Sholat dengan membawakan hadits tentang waktu-waktu sholat. Hal ini beliau lakukan karena memang sholat kalau belum masuk waktunya tidak dianggap sah".

Namun keterangan-keterangan (hadits) yang ketngahkan adalah untuk memperkuat pernyataan patokan waktu sholat bukan pada jam. Jadi mungkin, menurut saya yang awam, justru lebih timbul lagi pertanyaan, apakah saya sholat pada waktu yang tepat ya? padahal takutnya kalau belum masuk waktunya tidak dianggap sah? Jadi bagaimanakah apabila sholat mendahului waktu sholat? Please komen, ya!


Tags :

Related : Apabila Sholat Mendahului Waktu Sholat