Blog najla alliya, blog pribadi tempat sharing-sharing everything

Cara Membuat Widget Google Plus (G+) Yang Ringan

Bagaimana ya cara membuat widget google plus alias G+ yang ringan? Secara gitu kalau langsung via blogger.com langsung saya coba, kok loading blogspotnya jadi agak telat ya? oke lah kalau begitu, saya coa bahas ya!

Widget google plus adalah widget dari google plus yang dipasang di badge/widget blog sobat. Penampilannya misalnya bisa berupa seperti pada gambar berikut.

Cara Membuat Widget Google Plus

Cara Membuat Widget Google Plus

Atau bisa berupa tampilan seperti yang lainnya. Nah lalu bagaimana untuk mendapatkan widget tersebut? Caranya saga mudah ternyata. Ilmu ini saya peroleh setelah saya penasaran dengan widget pada blognya  mas sugeng, sobat bisa lihat di mas-sugeng.com yang memiliki penampilan keren seperti berikut.

Mas Sugeng

Nah, daripada penasaran saya coba saja menghubungi beliau lagsung di facebooknya mas sugeng, menanyakan secara langsung bagaimana cara membuat widget google plus seperti pada blognya mas sugeng. Secara gitu, kalau saya langsung coba melalui widget yang disediakan blogger, suka lebih lambat ke loading blognya.

Tepat persepsiku, mas sugeng orangnya baeekkk n pastinya tidak sombong :) Tidak berapa lama, gayung pun bersambut, jawaban PM dari mas sugeng langsung meluncur, sangat simpel jawabannya sih, tapi sangat dalam juga jika kita mengeksplorasinya...hehe, apaan nih pake eksplorasi eksplorasi segala.

Inti ilmunya ternyata di sini, https://developers.google.com/+/web/badge/. Yup, silahkan sobat coba eksplorasi saja, sangat mudah kok. Bahkan jika sobat dalam keadaan login ke akun, otomatis akan berada dalam Google+ User sobat. Selanjutnya soba tinggal mengcopy paste kode yang diberikan ke widget blog. Penampakannya sebagai berikut.

Cara Membuat Widget Google Plus

Cara Membuat Widget Google Plus

Demikian sedikit share bagaimana caranya membuat widget/badge google plus untuk blog sobat.

Tags :

Related : Cara Membuat Widget Google Plus (G+) Yang Ringan