Cara Menghentikan Kebiasaan Gigi Mengerat Saat Tidur

Cara menghentikan kebiasaan gigi mengerat saat tidur | Gigi mengerat juga disebut sebagai bruxism merupakan gangguan medis yang mempengaruhi baik anak-anak maupun orang dewasa. Gigi mengerat paling sering terjadi selama tidur di malam hari dan sebagian besar dari kita mungkin tidak menyadari fakta gigi mengerat ini. Silahkan bisa lihat referensinya di http://en.wikipedia.org/wiki/Bruxism.

Gigi mengerat tidak hanya mempengaruhi tidur seseorang, tetapi juga tidur orang lain yang ada di sekitar. Selain gangguan tidur, bruxism dapat memiliki efek mendalam pada kesehatan Anda.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui penyebab bruxism agar lebih memudahkan tindakan pencegahan untuk menghentikan gigi mengerat saat tidur demi menghindari efek sakit gigi mengerat.

Gigi mengerat saat tidur di malam hari dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri rahang, sakit telinga dan sakit leher. Pada gigi yang mengerat parah, kerusakan gigi dapat terjadi, diantaranya menyebabkan gigi retak dan bahkan kerusakan rahang. Baca juga, akibat kebiasaan gigi mengerat.

Langkah-langkah bagaimana untuk menghentikan gigi mengerat saat tidur


Gigi mengerat dapat berhenti dengan mengikuti beberapa langkah berikut:

Kunjungi dokter gigi - Jika Anda mengalami gejala-gejala gigi mengerat seperti sakit kepala, rahang kaku atau nyeri di pagi hari, permukaan gigi rata atau gigi mengalami kerusakan, silahkan memeriksakan diri ke dokter gigi dengan segera. Dokter Gigi mungkin dapat mengatasi penyebab bruxism Anda dan membimbing Anda untuk menghentikannya. Anda mungkin akan diminta untuk melakukan perawatan gigi dengan memakai pelindung mulut, yang dibuat khusus, saat tidur untuk menghentikan Anda dari mengerat atau mengepalkan gigi Anda. Dokter gigi juga dapat mendeteksi dan memperbaiki setiap kerusakan yang disebabkan oleh gigi mengerat.

Cara Menghentikan Kebiasaan Gigi Mengerat Saat Tidur
Hindari stres. Stres diketahui bisa memicu gigi mengerat saat tidur. Stres dapat menyebabkan banyak individu untuk menggiling atau mengepalkan gigi mereka di malam hari. Pelajari metode yang benar untuk meredakan ketegangan dan menekankan kecemasan. Hal ini akan membantu dalam mengurangi bruxism. Ikuti teknik relaksasi seperti meditasi, yoga dan latihan pernapasan dan beberapa latihan cardio di siang hari.

Kenakan pelindung mulut - Salah satu cara terbaik untuk menghentikan gigi mengerat saat tidur di malam hari adalah dengan menggunakan pelindung mulut. Pelindung mulut akan memberikan perlindungan untuk gigi Anda dengan berbaring di antara gigi atas dan bawah Anda. Berbagai jenis pelindung mulut dapat diperoleh dari toko-toko gigi tapi yang terbaik adalah custom made mouth guard gigi yang dibuat oleh dokter gigi dengan mengambil cetakan gigi Anda. Custom made pelindung mulut dirancang secara pas untuk gigi Anda.

Perawatan herbal - Gigi mengerat dapat berhenti secara permanen dengan menggunakan beberapa obat herbal. Ada homeopati serta obat-obatan herbal yang bekerja untuk menghentikan bruxism. Herbal tertentu seperti rosemary, jerami gandum dan tarragon digunakan dalam obat-obatan herbal yang dapat membantu dalam menurunkan stres Anda dan membantu menghentikan gigi mengerat.

Terapi perilaku mungkin diperlukan dalam kasus bruxism yang parah. Kognitif atau terapi bicara fokus pada peningkatan kesehatan mental seseorang. Terapi perilaku berfokus pada lidah, posisi rahang dan mulut yang benar untuk menghilangkan gigi mengerat.

itulah sedikit share mengenai  cara untuk menghentikan gigi mengerat saat tidur di malam hari. Semoga bermanfaat dan kebiasaan gigi mengerat saat tidur Anda bisa hilang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghentikan Kebiasaan Gigi Mengerat Saat Tidur

0 comments:

Posting Komentar