Ciri dan Karakteristik Akuifer Air Tanah

Air tanah adalah sisi dari siklus hidrologi yang berjalan di alam, dan ada dalam batuan yang ada dibawah permukaan tanah mencakup keterdapatan, penyebaran serta gerakan air tanah dengan penekanan pada hubungan pada keadaan geologi satu daerah.

Berdasar pada atas sikap batuan pada air, di kenal ada sebagian ciri-ciriistik batuan yakni : Akuifer (aquifer), Akuiklud (aquiclude), Akuitar (aquitard), Akuifug (aquifuge).

Akuifer (aquifer) ; Akuifer yaitu susunan pembawa air, susunan batuan in memiliki susunan sedemikian rupa, hingga bisa menaruh serta mengalirkan air dalam jumlah yang cukup bermakna dibawah keadaan lega.
Batuan dari akuifer ini berbentuk permeabel, contoh batuan permeabel yaitu pasir, kerikil, batupasir yang retak-retak serta batu gamping yang berlubang-lubang.


Akuiklud (aquiclude) ; Akuiklud yaitu susunan batuan yang bisa menaruh air, namun tidak bisa melepaskan air dalam jumlah yang bermakna. Contoh : lempung, shale, tuf halus, silt.

Akuitar (aquitard) ; Akuitar yaitu susunan atau formasi batuan yang bisa menaruh air namun cuma bisa melepaskan air dalam jumlah terbatas.

Akuifug (aquifuge) ; Akuifug yaitu susunan atau formasi batuan yang tidak bisa menaruh serta melepaskan air. Contoh : granit serta batuan yang kompak serta padat.

Akuifer bebas (unconfined aquifer) ; adalah akuifer jemu air di mana susunan pembatasnya cuma di bagian bawahnya serta tak ada pembatas di susunan atasnya (batas di susunan atas berbentuk muka air tanah).

Akuifer tertekan (confined aquifer) ; yaitu akuifer yang batas susunan atas serta susunan bawah yaitu formasi tak tembus air, muka air bakal nampak di atas formasi tertekan bawah. Akuifer ini terisi penuh oleh air tanah hingga pengeboran yang menembus akuifer ini bakal mengakibatkan naiknya muka air tanah didalam sumur bor yang melebihi kedudukan awal mulanya.

Akuifer semi tertekan (leaky aquifer) ; adalah akuifer jemu air yang dibatasi oleh susunan atas berbentuk akuitard serta susunan bawahnya adalah akuiklud. Akuifer semi-tertekan atau aquifer bocor yaitu akuifer jemu yang prima, di bagian atas dibatasi oleh susunan semi-lulus air serta sisi bawah adalah susunan lulus air maupun semi-lulus air. najla-alliya.blogspot.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ciri dan Karakteristik Akuifer Air Tanah

0 comments:

Posting Komentar