Blog najla alliya, blog pribadi tempat sharing-sharing everything

APA YANG HARUS KITA LAKUKAN SELEPAS RAMADHAN?

APA YANG HARUS KITA LAKUKAN SELEPAS RAMADHAN?

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur. (QS.Al-Baqarah 2:185).

Saudaraku...
Dalam ayat di atas ada sebuah bimbingan dari Allah SWT terkait amalan yang harus kita lakukan selepas melaksanakan ibadah di bulan yang agung, yakni Ramadhan.
Allah SWT memerintahkan kepada hamba-Nya setelah menyempurnakan bilangan Ramadhan, maka amalan yang harus kita lakukan adalah Memperbanyak Dzikir dan Tasbih, yakni mengagungkan,mengesakan, memuji Allah SWT  atas segala karunia-Nya.

اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، اَللهُ اَكْبَرُ، لآَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ
اَللهُ اَكْبَرُ وَ ِللهِ الْحَمْدُ.

Disadari ataupun tidak, bahwa selama ini kenikmatan Allah SWT begitu banyak, sampai-sampai kita sendiri tak menyadari bahwa selama ini Allah SWT Sayang kepada kita semua dan selalu memberi. Bahkan segala yg kita inginkan/butuhkan semua sudah terpenuhi,
Allah SWT berfirman,

وَءَاتَىٰكُم مِّن كُلِّ مَا سَأَلْتُمُوهُۚ وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَتَ ٱللَّهِ لَا تُحْصُوهَآۗ إِنَّ ٱلْإِنسَٰنَ لَظَلُومٌ كَفَّارٌ

Dan Dia telah memberikan kepadamu segala apa yang kamu mohonkan kepada-Nya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya.  Sungguh, manusia itu sangat zhalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).
 (QS.Ibrahim 14:34).

Kita di sampaikan ke bulan yang agung ini, Ramadhan adalah suatu Kenikmatan dari Allah SWT.
Kita bisa beribadah di bulan agung ini adalah sebuah Nikmat Allah SWT.
Kita bisa menyelesaikan Ramadhan adalah Nikmat Allah SWT.
Kita diberikan usia sampai hari ini tak kurang apapun itu juga adalah Kenikmatan dari Allah SWT. Dan begitu lagi dg nikmat-nikmat yg lainnya yg tak bisa di sebut.

وَإِن تَعُدُّوا نِعْمَةَ ٱللَّهِ لَا تُحْصُوهَآۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌ

Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS.An-Nahl 16:18 ).

Begitu luar biasa nya Nikmat dari Allah SWT, jangan sampai kita ragu, lalai dan mendustakan Nikmat Allah SWT.
فَبِأَىِّ ءَالَآءِ رَبِّكَ تَتَمَارَىٰ

Maka terhadap nikmat Tuhanmu yang manakah yang masih kamu ragukan?
( QS.An-Najm 53:55).

فَبِأَىِّ ءَالَآءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan? (QS. Ar-Rahman 55:13 ).

Allah SWT ingin agar kita selalu BAHAGIA dan jangan sampai Lalai dari DZIKIR, karena setelahnya pasti akan di hadapan lagi dg berbagai godaan.

Allah SWT berfirman,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَٰلُكُمْ وَلَآ أَوْلَٰدُكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِۚ وَمَن يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُولَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْخَٰسِرُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah harta bendamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Dan barangsiapa berbuat demikian, maka mereka itulah orang-orang yang RUGI.
( QS. Al-Munafiqun 63:9 ).

Maka dalam kondisi apapun jangan sampai lupa Dzikir ( mengagungkan,mengingat, memujia Allah SWT). ..
1. Saat berdiri, duduk, berbaring, jangan lupa Dzikir.Qs 3:191.

2. Setelah selesai SHALAT, senantiasa Dzikir juga. QS. 4:103.

3. Di waktu pagi dan petang. QS.7:205.

4. Berdzikir saat dapat nikmat. QS.2:152, 93:11.

Kondisi apapun jangan lupa u berdzikir kos Allah SWT.

Al-Ahzab 33:41

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا ٱذْكُرُوا ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا

Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya,

Al-Ahzab 33:42

وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا

dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.

Related : APA YANG HARUS KITA LAKUKAN SELEPAS RAMADHAN?