Blog najla alliya, blog pribadi tempat sharing-sharing everything

MENGENAL DAN MENCINTAI AL QUR'AN (1)

MENGENAL DAN MENCINTAI AL QUR'AN

Saudaraku..
Sesungguhnya di antara sebab yang bisa mendatangkan kecintaan Allah kepada seorang hamba adalah membaca al Qur`an dengan khusyu’ dan berusaha memahaminya. Sehingga tidak mengherankan, apabila kedekatan dengan al Qur`an merupakan perwujudan ibadah yang bisa mendatangkan cinta Allah.

Allah SWT berfirman,

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحْبِبْكُمُ ٱللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang. (Qs.Ali-Imran 3:31).

Tanda bukti cinta adalah selalu mengikuti yang dicintainya. Dan Al Qur'an adalah Kalamullah yang disampaikan kepada Rasulullah Saw. Yang harus kita ikuti.

اَلْقُرْاٌنُ هُوَ كَلَمُ اللهِ الْمُمْجِزِ الْمُنَزَّلُ عَلَ خَا تَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ بِوَاسِطَةِ الأَمِيْنِ جِبْرِيْلِ عَلَيْهِ السَّمُ الْمَكْتُوْبُ فِيْ الْمَصَا حِفِ الْمَنْقُوْلُ إِلَيْنَا بِا لتَّوَاتُرِ الْمُتَعَبَّدُ بِتِلاوَتِهِ الْمَبْدُوْءُ بِسُوْرَةِ الْفَتِحَة الْمُخْتَتَمُ بِسُوْرَةِالنَّاسِ 

            Al-Quran adalah firman allah SWT yang merupakan muzizat yang diturunkan kepada “ penutup para nabi dan rasul” (Muhammad SAW) melalui malaikat Jibril termaktub didalam mushhaf yang diriwayatkan kepada kita selaku umatnya secara mutawatir, membacanya merupakan ibadah yang dimulai dari surat alfatiha (  الْفَاتِحَةِ ) dan diakhiri dengan surat annas ( النَّاسُ). [At Tibyan -Muhammad Ali Ashar shobuni].

Kecintaan itu tumbuh ketika kita sering berinteraksi dengan Al Qur'an.

Pola interaksi dengan Al Qur'an 5M :
membacanya,  menghafalnya,   memahaminya, mengamalkannya, dan mendakwahkannya

Para salafush-shalih, ketika membaca al Qur`an, mereka sangat menghayati makna ini. Sehingga ketika membaca al Qur`an, seolah-olah seperti seorang perantau yang sedang membaca sebuah surat dari kekasihnya.

Al Hasan al Basri berkata,” Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian menganggap al Qur`an adalah surat-surat dari Rabb mereka. Pada malam hari, mereka selalu merenunginya, dan akan berusaha mencarinya pada siang hari.”
[ At Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur`an, Imam an Nawawi, halaman 28.]

Saudaraku..
4 Hal yang harus kita kenali dan pahami terhadap Al Qur'an ini, agar kita semakin dekat dan cinta kepada-Nya.

1. Wahyu
2. Mu'jizat
3. Ibadah
4. Mutawatir

#01. Al QUR'AN adalah Wahyu.

Allah swt berfirman dalam Al-Qur’an surat An-Najm : 3-4

وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى(3)إِنْ هُوَ إِلا وَحْيٌ يُوحَى(4)
Artinya : “Dan Tidaklah yang ia ucapkan berdasarkan hawa nafsunya, kecuali itu adalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)”.

Apa itu Wahyu?
Secara bahasa Wahyu adalah isyarat, penulisan, yang ditulis, risalah, ilham, perkataan yang samar, dan semua yang engkau beritahukan kepada orang lain.”

Sementara didalam al-Qur’ân, makna wahyu secara lughawi (bahasa Arab) juga digunakan, antara lain sebagai berikut:

1. Wahyu Allâh Azza wa Jalla kepada ibu Nabi Musa Alaihissalam (al-Qashash/28:7). Wahyu dalam ayat ini artinya ilham.

2. Wahyu Allâh Azza wa Jalla kepada lebah (an-Nahl/16:68). Wahyu dalam ayat ini artinya ilham atau insting kepada binatang.

3. Wahyu Nabi Zakaria Alaihissallam kepada kaumnya (Maryam/19:11). Wahyu dalam ayat ini artinya isyarat cepat dengan rumus.

4. Wahyu setan kepada orang-orang kafir (al-An’âm/6:121). Wahyu dalam ayat ini artinya bisikan setan untuk menyesatkan manusia.

5. Wahyu Allâh kepada para malaikat (al-Anfâl/8: 12). Wahyu dalam ayat ini artinya perintah Allâh Azza wa Jalla .

Wahyu secara syariat adalah seperti apa yang di sampaikan oleh imam az-Zarqani rahimahullah.
Beliau menyatakan bahwa wahyu adalah, “ Pemberitahuan Allâh kepada hamba pilihan-Nya akan semua perkara yang ingin Dia tunjukkan kepada hamba tersebut yang berupa hidayah dan ilmu, dengan cara rahasia dan tersembunyi, tidak biasa (terjadi) pada manusia.” [Manâhilul ‘Irfân, 1/63, karya az-Zarqani]

Sebagai seorang mu'min kita harus yakin bahwa Al Qur'an adalah Wahyu Allah SWT yg di sampaikan  kepada Rasulullah Saw u yang harus di jadikan sebagai panduan dalam kehidupan manusia.

Jangan pernah mengatakan Al Qur'an adalah makhluk, dan hanya mistik belaka , Al Qur'an hanya impian belaka... seperti yang di sampaikan oleh orang-orang yang fasik dan yg tak beriman kepadanya. naudzu billahi min dzalik.

Padahal Allah SWT menegaskan dalam firman-Nya,

"Dan sesungguhnya Al Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang diantara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas. (Asy Syu’araa 192-195)
.....


📌Salam Safa Al Qur'an
by al faqir abu Al Mubarak

Related : MENGENAL DAN MENCINTAI AL QUR'AN (1)