Blog najla alliya, blog pribadi tempat sharing-sharing everything

Cara Membuat Widget Hanya Tampil di Homepage Itu Mudah

Cara membuat widget hanya tampil di homepage itu ternyata mudah. Ketika saya mau mengedit template blogspot dan meinginkan sebuah widget agar tampil hanya di halaman homepage saja, saya merasa kebingungan.

Sempat terbersit untuk memakai jasa edit template, namun semua ide tersebut urung setelah timbul pemikiran, "kenapa tidak coba googling saja, ya?"

Dan alhamdulillah banyak tutorial bertebaran ternyata dengan hanya mengetikkan kata kunci "cara membuat widget hanya tampil di homepage". Awalnya saya kira nggak bakalan nemu tutorialnya, apalagi keyword yang diketikkan sangat long tail. Bahkan pikiran saya sempet skeptis duluan, "ah bakalan nggak ada nih caranya"

Namun alhamdulillah semua pikiran negatif saya tersebut menjadi sirna setelah saya menemukan begitu banyaknya yang membahas masalah ini. Langsung saja saya tulis ulang ke sini ya.

1. Langkah pertama seperti biasa masuk ke halaman edit HTML.
2. Temukan widget yang dicari, biasanya agar mudah cari yang sesuai title widget yang sudah dibikin, misalnya titlenya "selamat datang". Lihat gambar berikut.

Cara Membuat Widget Hanya Tampil di Homepage Itu Mudah

3. Sama seperti pada gambar, lihat kode

<b:widget id='HTML8' locked='false' title='Selamat Datang' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>
</b:includable>
</b:widget>

4. Tambahkan kode yang saya beri tanda warna merah dan tebal. Perhatikan juga posisi dan penempatan kodenya ya.

<b:widget id='HTML8' locked='false' title='Selamat Datang' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>

Demikian semoga berrmanfaat sekedar sedikit tips bagi Anda untuk mengetahui cara membuat widget hanya tampil di homepage.

Tags :

Related : Cara Membuat Widget Hanya Tampil di Homepage Itu Mudah