Blog najla alliya, blog pribadi tempat sharing-sharing everything

Menjadi Seorang Pebisnis Onlen Atau Blogger?

Menjadi seorang pebisnis atau blogger kah? Pertanyaan atau mungkin terdengar sebagai pernyataan tersebut seolah merupakan sebuah pilihan, kalo kata Andreas Harefa mah freedom to choice.

Walaupun  sebenarnya Anda bisa menjadi seorang "pebisnis yang blogger" atau "blogger yang pebisnis" itu sah-sah saja.

Oya, mungkin Anda bingung dengan batasan pengertian blogger dan pebisnis itu apa ya?

Sama, saya juga dulunya bingung... :). Hehe..So you know ya?

Uhh.. semakin hari semakin banyak saja bermunculan pebisnis onlen baru. Senang campur aduk was was sih.

Senangnya, ikut meraskan indonesia menjadi semakin melek internet, melek bisnis onlen.

Menjadi Seorang Pebisnis Onlen Atau Blogger
Was was nya terus terang menjadi takut tersaingi, bahkan bukan saja takut tersaingi, malahan saya terkesan jalan di tempat, sementara saya melihat n membaca, banyak adik-adik ini yang lebih melejit mendapatkan earnignya dari internet.

Oke lah, kalau begitu, alhamdulllah daripada kecewa lebih bayak senengnya.

Setidaknya saya bisa membuktikan kepada temen-temen bahwa tujuh tahun kemudian, orang akan lebih dahsyat mengguakan internet di indonesia. Pernyataan yang mendapatkan cibiran teman saya ini saya sampaikan tujuh tahun yang lalu.

Hahaha.. sekarang saya bisa tertawa. Karena terbukti, tho?

Ya uwis, jadi tambah melenceng jauh dari bahasan utama topik postingan ini. Pebisnis ya bisnis, blogger ya blogger. Jika dipisahkan, pebisnis ya  bertujuan untuk mendapatkan earning aka uang dari inernet.

Kalo blogger biasanya murni sharing ilmu, sharing curhat dan unek-unek.

Walaupun pada kenyataannya terdapat alienasi dan tumpang tindih tujuan dari kedua fenomena dahsayat yang saat ini tengah naik daun.

Misalnya saja seorang pebisnis internet dapat membuat blog tanpa harus mengisi konten blognya sendiri. Beliau ini bisa menggunakan jasa orang lain untuk mengisi blognya, lho! Misalnya saja meyewa seorang ghost writer. Dan ujung-ujungnya menjadikannya blog sebagai money machine.

Nah, kalo seorang blogger kerjaanannya ya nulis, ngisi konten blognya, walaupun pada akhirnya bisa saja membisniskan blognya, misalnya dengan memasang ruang advertiser, atau menjual blognya.

Nah, Anda ingin disebut seorang blogger atau pebisnis onlen?

Tags :

Related : Menjadi Seorang Pebisnis Onlen Atau Blogger?