Mekanisme Faktor Hormonal Penyebab Jerawat

Salah satu faktor yang menyebabkan munculnya jerawat pada wajah adalah faktor hormon. Bahkan, faktor hormon dapat dikatakan sebagai faktor pertama penyebab jerawat.

Mungkin bagi anda yang masih awam mengenai fungsi-fungsi organ dalam tubuh dan hubungan-hubungannya, anda mungkin berpikir apa hubungannya hormon dalam tubuh dengan jerawat pada muka.

Bagaimana bisa faktor hormonal penyebab jerawat yang utama? Nah, marilah kita dapatkan jawaban melalui pembahasan berikut ini.

Faktor Hormonal Pemicu Produksi Minyak Berlebih

Faktor hormonal penyebab jerawat yang utama karena di dalam tubuh ada hormon testoteron yang banyak disebut sebagai lakon penyebab jerawat.

Hormon testoteron merupakan turunan dari hormon androgen. Hormon testoteron ini diproduksi baik oleh laki-laki maupun perempuan dan akan meningkat saat seseorang masuk pada usia pubertas.

Mekanisme Faktor Hormonal Penyebab Jerawat
Sumber: vemale.com
Sistem kerja hormon testoteron yang meningkat akan menimbulkan sejumlah reaksi tertentu yaitu produksi minyak berlebih. Jika tubuh mempunyai produksi minyak yang berlebih kemudian bercampur dengan sel kulit masti maka akan menutup pori-pori dan menjadi tempat bagi bakteri.

Yang perlu anda tahu pula, bakteri adalah salah satu penyebab jerawat yang juga paling banyak ditemui. Faktor hormonal penyebab jerawat bisa dalam keadaan fisiologis maupun patologis.

Keadaan fisiologis yaitu berkaitan dengan pola hidup. Bagi laki-laki berkaitan dengan nutrisi tubuh sementara pada wanita berkaitan dengan pola haidnya.

Sementara dari segi patologis yaitu bersifat penyakit, kelainan sistem reproduksi dapat menjadi alasan timbulnya jerawat. Sebenarnya tidak hanya bakteri dan faktor hormonal penyebab jerawat anda, namun lingkungan dan juga pikiran dapat pula menimbulkan jerawat pada wajah, yang dapat berupa jerawat batu, jerawat kecil-kecil di wajah, atau pun jenis jerawat lainnya.

Tak Perlu Pengobatan Dengan Terapi Hormonal

Walaupun faktor hormonal penyebab jerawat yang paling banyak, namun hindari pengobatan jerawat dengan terapi hormonal. Jangan sampai mengkonsumsi pil-pil hormonal demi mengobati jerawat.

Anda cukup melakukan berbagai perawatan alami saja yang sudah pasti memberikan dampak baik pada jerawat anda. Lakukan perawatan secara teratur bisa menggunakan masker atau sabun sulfur.

Selain itu, jangan biasakan untuk memencet-mencet jerawat hanya untuk menghilangkannya karena itu justru akan semakin membuatnya bertambah banyak.

Lakukan pula perawatan wajah dengan sering membersihkannya setelah selesai beraktifitas dan konsumsilah nutrisi-nutrisi yang dapat meningkatkan kecantikan dan kebersihan wajah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mekanisme Faktor Hormonal Penyebab Jerawat

0 comments:

Posting Komentar