Blog najla alliya, blog pribadi tempat sharing-sharing everything

AL QUR'AN adalah HIDAYAH YANG JELAS

AL QUR'AN adalah HIDAYAH YANG JELAS

Allah SWT berfirman,

Qs. Al-Baqarah 2:2

ذَٰلِكَ ٱلْكِتَٰبُ لَا رَيْبَۛ فِيهِۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ

Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.

Saudaraku..
Sebaik-baik nya Hidayah dalam hidup ini adalah Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah Saw,  tidak ada petunjuk yang lain. Maka siapapun yang mengikuti nya pasti ia akan Bahagia dan siapa yang berpaling pada nya pasti akan rugi dan tersesat.

Allah SWT berfirman,

Qs. Al-Baqarah 2:38

قُلْنَا ٱهْبِطُوا مِنْهَا جَمِيعًاۖ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُم مِّنِّى هُدًى فَمَن تَبِعَ هُدَاىَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Kami berfirman, “Turunlah kamu semua dari surga! Kemudian jika benar-benar datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barangsiapa mengikuti petunjuk-Ku, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.”

Qs. Al-Ma'idah 5:16

يَهْدِى بِهِ ٱللَّهُ مَنِ ٱتَّبَعَ رِضْوَٰنَهُ‌و سُبُلَ ٱلسَّلَٰمِ وَيُخْرِجُهُم مِّنَ ٱلظُّلُمَٰتِ إِلَى ٱلنُّورِ بِإِذْنِهِۧ وَيَهْدِيهِمْ إِلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ

Dengan Kitab itulah Allah memberi petunjuk kepada orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan Kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang itu dari gelap gulita kepada cahaya dengan izin-Nya, dan menunjukkan ke jalan yang lurus.

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ

“Sesungguhnya Al-Qur`ân ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus ….[al-Isrâ`/17:9]

Qs. Thaa Ha 20:124

وَمَنْ أَعْرَضَ عَن ذِكْرِى فَإِنَّ لَهُ‌و مَعِيشَةً ضَنكًا وَنَحْشُرُهُ‌و يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ أَعْمَىٰ

Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit, dan Kami akan mengumpulkannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta.”

Saudaraku..
Semua keinginan dan harapan manusia ada di dalam Al Qur'an dan sudah dijelaskan cara meraihnya. Tinggal kita mau tidak mengambilnya.

وَلَقَدْ جِئْنَاهُمْ بِكِتَابٍ فَصَّلْنَاهُ عَلَىٰ عِلْمٍ هُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

“Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah Kitab (Al-Qur`ân) kepada mereka yang Kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami; menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”. [al-A’râf/7:52].

Hud 11:1

الٓرۚ كِتَٰبٌ أُحْكِمَتْ ءَايَٰتُهُ‌و ثُمَّ فُصِّلَتْ مِن لَّدُنْ حَكِيمٍ خَبِيرٍ

Alif Lam Ra. (Inilah) Kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi kemudian dijelaskan secara terperinci, (yang diturunkan) dari sisi (Allah) Yang Mahabijaksana, Mahateliti.

Semua Solusi kemudahan apapun dalam hidup ini atau segala kebaikan apapun dalam hidup ini, semuanya sudah jelas tidak di ragukan lagi ada di dalam Al Qur'an.

Yang menjadi pertanyaan adalah...
Sudah sejauh mana kita mengenal dan mencintai Al Qur'an?
Sudah sejauh mana kita paham  dan mengamalkan Al Qur'an?


📌 Salam Safa Al Qur'an
by Al Faqir Abu Al Mubarak

Related : AL QUR'AN adalah HIDAYAH YANG JELAS