Blog najla alliya, blog pribadi tempat sharing-sharing everything

SIKAP UMAT TERHADAP AL QUR'AN

SIKAP UMAT TERHADAP AL QUR'AN

Allah SWT berfirman,

ثُمَّ أَوْرَثْنَا ٱلْكِتَٰبَ ٱلَّذِينَ ٱصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَاۖ فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِۧ وَمِنْهُم مُّقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌۢ بِٱلْخَيْرَٰتِ بِإِذْنِ ٱللَّهِۚ ذَٰلِكَ هُوَ ٱلْفَضْلُ ٱلْكَبِيرُ

Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menzhalimi diri sendiri, ada yang pertengahan dan ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang besar. (QS.Fathir 35:32).

Saudaraku..
Umat Islam adalah umat pilihan , termasuk kita semua yang terpilih oleh Allah SWT yang di warisi Al Kitab ( Al Qur'an ) sebagai panduan  hidup  agar kita senantiasa berpedoman, berpegang dan mengikuti Al Qur'an. QS.45:20.
Namun diantara umat Islam yang di warisi Al Qur'an, terbagi kepada 3 golongan dalam menjadikan Al Qur'an sebagai panduan hidup.

1. Zhalimu linafsi ,yakni golongan yang menzalimi diri nya sendiri, ia di berikan Al Qur'an, mempelajari nya , namun tidak memberikan perubahan dalam sikap prilakunya, berbuat baik tetapi masih terjun dalam keharaman, dosa dan perbuatan maksiat, hidupnya lebih kepada orientasi dunia.

2. Muqtashudun, yakni golongan pertengahan. Golongan yang diberikan Al Qur'an, mempelajarinya , dan sudah melaksanakan isinya ABG panduan hidup dan perubahan perilaku namun masih berimbang antara kebaikan dan perbuatan buruk. Berbuat baik dan juga berbuat buruk, namun sudah bisa meninggalkan keharaman. Hanya saja perbuatan Sunnah-sunnah belum dilaksanakan dg baik, kemakruhan,kemubahan masih bercampur. Orientasinya masih bercampur dunia dan juga akhirat.

3. Saabiqun bilkhairaat, yakni golongan yang BERSEGERA dalam KEBAIKAN, mereka di warisi Al Qur'an, mempelajarinya dan senantiasa mengamalkan isinya, BERSEGERA dalam perintah Allah SWT yakni berbuat baik tanpa ragu n di tunda2, melaksanakan yg sunnah2 dan juga meninggalkan yg makruh serta mubah. Orientasinya Akhirat.

U golongan pertama dan kedua Allah SWT mengingatkan dg berfirman,

فَخَلَفَ مِنۢ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ وَرِثُوا ٱلْكِتَٰبَ يَأْخُذُونَ عَرَضَ هَٰذَا ٱلْأَدْنَىٰ وَيَقُولُونَ سَيُغْفَرُ لَنَا وَإِن يَأْتِهِمْ عَرَضٌ مِّثْلُهُ‌و يَأْخُذُوهُۚ أَلَمْ يُؤْخَذْ عَلَيْهِم مِّيثَٰقُ ٱلْكِتَٰبِ أَن لَّا يَقُولُوا عَلَى ٱللَّهِ إِلَّا ٱلْحَقَّ وَدَرَسُوا مَا فِيهِۗ وَٱلدَّارُ ٱلْءَاخِرَةُ خَيْرٌ لِّلَّذِينَ يَتَّقُونَۗ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

Maka setelah mereka, datanglah generasi yang mewarisi Al Kitab, yang mengambil harta benda dunia yang rendah ini. Lalu mereka berkata, “Kami akan diberi ampun.” Dan kelak jika harta benda dunia datang kepada mereka sebanyak itu (pula), niscaya mereka akan mengambilnya (juga). Bukankah mereka sudah terikat perjanjian dalam Kitab  bahwa mereka tidak akan mengatakan terhadap Allah, kecuali yang benar, padahal mereka telah mempelajari apa yang tersebut di dalamnya? Negeri akhirat itu lebih baik bagi mereka yang bertakwa. Maka tidakkah kamu mengerti? ( QS. Al-A'raf 7:169 ).

Kedudukan 3 golongan ini nanti di akhirat:
Golongan pertama, mereka masuk surga namun harus singgah dulu di Neraka u menjalani pembersihan atas dosa-dosa mereka.

Golongan kedua, mereka masuk namun melalu dulu proses hisab/perhitungan yang ringan.

Golingan ketiga, mereka masuk surga tanpa hisab.


Semoga Allah SWT memilih kita semua termasuk golongan ketiga yakni Saabiqun bilkhairat , yang selalu BERSEGERA dalam KEBAIKAN. aamiin.

📌Salam Safa Al Qur'an
by Al faqir Abu Al Mubarak

Related : SIKAP UMAT TERHADAP AL QUR'AN